Selasa, 25 Oktober 2016

RPP PLPG



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



KELAS                   : II ( DUA)
SEMESTER             : 1 (SATU )
TEMA                      : TUGASKU SEHARI-HARI
SUB TEMA             : TUGASKU SEHARI-HARI DI RUMAH
PEMBELAJARAN :  I



DISUSUN OLEH :
            NAMA                        :
            NO PESERTA            :




PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESI GURU
(PLPG)
TAHUN 2015




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            SATUAN PENDIDIKAN     : MI 25/E.3 AMBAI BAWAH
            KELAS/SEMESTER              : II/I
            TEMA                                     : TUGASKU SEHARI-HARI
            SUB TEMA                            : TUGASKU SEHARI-HARI DI RUMAH
            PEMBELAJARAN                : 1 (SATU)
            ALOKASI WAKTU             : IX PERTEMUAN (15 MENIT)

A.    KOMPETENSI INTI : (K1)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab satuan, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahaun faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya di rumah dan disekolah
4.      Menyajikan  pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR ( KD)
PPKN
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
SPDP
Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak

C.    INDIKATOR
PPKN
Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku
            Dalam kehidupan sehari-hari di SBDP
-          Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala tangan, kaki dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau melalui media

D. MATERI PEMBELAJARAN
      -     Gambar tugasku di pagi hari
      -     Gambar menggerakkan badan setelah bangun tidur
      -     Gambar sarapan pagi

E.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Inti
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa berdo’a
3.      Guru mengabsenkan siswa
4.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar siswa semangat
5.      Guru menjelaskan materi denagn menggunakan peta konsep dengan gambar semua bisa jadi guru
2 menit
Kegiatan Inti
1.      Dengan mengamati teks bacaan “tugasku di pagi hari “siswa dapat menyebutkan kegiatan pada pagi hari dengan percaya
2.      Dengan memperhatikan  gamabr siswa dapat mengindentifikasi berbagai bentuk gerakan dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat
3.      Dengan mengamati gambar berbagai gerakan  siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan percaya diri
4.      Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan
5.      Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari siswa dapat berperolaku yang sesuai dengan aturan berlaku sehari-hari
10 menit
Penutup
1. Guru menyanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari
2. Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari dengan arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan serta memberi tugas dan kegiatan sebagai bagian remedial dan pengayaan
3 menit


                       
F.   PENILAIAN
      1.  Penilaian Sikap      
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
dst
Dayu
Siti
Udin
Lani
.....













2.   Penilaian Keterampilan
-  Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati
-  Penilaian : observasi (pengamatan)
-  Lembaran pengamatan kegiatan bertanya
No
Kriteria
Terlihat
Belum Melihat
1
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2
Menggunakan tanda tanya pada kalimat tanya


3
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kaya tanya yang bervariasi



Hasil lembar pengamatan bertanya
No
Nama Siswa
Kriteria I
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4








1
2
3
4
dst
Dayu
Siti
Udin
Lani
.....









G.  Media, Alat dan Sumber Pelajaran
-     Buku siswa kelas II Tema : III (tiga) tugasku sehari-hari
      Buku Tematik Terpadu kurikulum 2013
      Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014
-     Buku Guru Kelas II
      Kementerian Pendidikdan dan Kebudayaan Ri, 2014
Referensi buku
1.      Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian bapak, ibu selama pembelajaran ! .............................................................................................
2.      Siswa mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus ?
.............................................................................................
3.      Hal-hal apa saja yang menjadi cacatan kebersihasn pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan ?

Kegiatan Remedial
1.      Jika siswa masih kesulitan untuk mengamati dan melakukan gerakan, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing  dan penugasan latihan berkelompok  di rumah
2.      Jika siswa masih kesulitan untuk menulis teks buku harian yang lebih intensif
3.      Jika siswa masih kesulitan untuk mengetahui dan memahami kegiatan sehari-hari yang menghubungkan dengan satuan waktu

Kegiatan Pengayaan :
1.      Jika siswa dapat melakukan berbagai gerakan dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan untuk melakukan gerakan yang lebih intensif
2.      Jika siswa dapat menulis buku harian dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan  untuk membuat teks buku harian yang lebih intensif dalam bentuk tegak bersambung


                                                                                    Jambi, 14 September 2015
      Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas II


      ______________                                                  ________________





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



KELAS                   : I ( SATU)
SEMESTER             : 1 (SATU )
TEMA                      : KELUARGAKU
SUB TEMA             : AKU DAN ANGGOTA KELUARGAKU
PEMBELAJARAN :  I DAN 2



DISUSUN OLEH :
            NAMA                        :
            NO PESERTA            :




PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESI GURU
(PLPG)
TAHUN 2015




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            SATUAN PENDIDIKAN     : MI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR  
            KELAS/SEMESTER                         : I/I
            TEMA                                     : KELUARGAKU  
            SUB TEMA                            : AKU DAN ANGGOTA KELUARGAKU  
            PEMBELAJARAN                : 1 DAN 2
            ALOKASI WAKTU             : I X 15 MENIT  

A.    KOMPETENSI INTI : (K1)
K1 1         :     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
K1 2         :     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, perduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga teman guru
KI 3         :     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah
KI 4         :     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR ( KD)
Bahasa Indonesia
2.3      Memiliki perilaku santuan dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4      Mengenal teks cerita diri atau personal  tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu  penyajian
Matematika
3.1      Mengenai bilangan asli sampai 99 dengan enda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah atau tempat ibadah
SBDP
4.2      Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.      Siswa menceritakan silsilah keluarga
2.      Siswa menyebutkan kegiatan atau pekerjaan orangtua
MTK
1.      Siswa menyebutkan jumlah anggota keluarga
SBDP
1.      Siswa menyanyikan lagu anak-anak

D. MATERI PEMBELAJARAN
      -     Anggota Keluarga
      -     Kegiatan sehari-hari keluarga

E.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Inti
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-          Guru mengucapkan salam, dan mengajak semua berdo’a
-          Guru mengecek kesiapan  diri dengan mengisi lembar kehadiran
-          Guru menginformasikan kepada siswa tema yang akan dibelajarkan yaitu : tema 4 “keluargaku” dengan sub tema Aku dan anggota keluargaku”
2 menit
Kegiatan Inti
-          Guru memberikan pengantar pembelajaran dengan mengingatkan kembali mengenai anggota keluarga
-          Guru menyuruh siswa mengamati gambar
-          Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang silsilah keluaarga dan pekerjaan orangtua
-          Guru menugaskan kepada  siswa untuk menempel gambar/ foto dikarton yang ada didepan sesuai dengan urutan keluarga
10 menit
Penutup
-            Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
-            Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi yang telah diajarkan
-            Bersama-sama menyanyikan lagu “kasih ibu” dan “aku sayang ibu”
-            Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
-            Guru memberi salam   
3 menit


                       
F.   PENILAIAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN  
      1.  Teknik Penilaian
           a.   Penilaian sikap : Percaya diri, disiplin bekerja sama
           b.   Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
           c.   Penilaian keterampilan : Untuk kerja

a.        Lembar penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya diri
Disiplin
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
dst
Leni
Rizka
Maryana
Nurjannah
.....













Keterangan :
BT             : Belum terlihat
MT            : Mulai terlihat
MB            : Mulai berkembang
SM                        :Sudah membudaya

b.   Penilaian Pengetahuan     
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jlh
Nilai
1
2
3
4
5
6
7
8
1
2
3
4
dst
Leni
Rizka
Maryana
Nurjannah
.....






0




No
Kriteria Penilaian
Keterangan
Ya
Tidak
1
Siswa dapat menghitung jumlah keluarga


2
Siswa dapat menyebutkan pekerjaan orangtua


3
Siswa dapat menyebutkan ibu dan Ayah





      Soal :
1.      Ada berapa jumlah keluargamu ?
2.      Siapa nama ibu dan ayahmu ?
3.      Apa pekerjaan ayahmu ?
     
      Jawaban :
1.      Sesuai pendapat siswa
2.      Sesuai pendapat siswa
3.      Sesuai pendapat siswa

c.   Penilaian keterampilan : Unjuk Kerja
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu  Bantuan
1
Keterampulan menempel photo
Foto yang ditempel sangat rapi tidak miringi dan tidak ada bekas
Foto yang ditempel rapi tidak miring ada bekas lem
Foti yang ditempel miring dan tidak ada belas lem
Foto yang ditempel miring dan ada bekas lem

G.  REMEDIAL
Guru menyeuruh siswa  untuk menyiapkan foto keluarga yang dibawa dari rumah
      PENGAYAAN :
Guru meminta dan membimbing siswa untuk menghias foto keluarga  yang telah mereka tempel
      MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
      Media                    : Karton
      Alat/Bahan            : Contoh photo-photo keluarga
      Sumber belajar      : Buku siswa dan guru tematik terpadu kurikulum 2013
      Penulis                   : Tim Masmedia Buana Pustaka

                                                                                    Jambi, 14 September 2015
      Kepala Sekolah                                                   Guru Kelas II



      ______________                                                  ________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar