RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS :
II ( DUA)
SEMESTER
: 1 (SATU )
TEMA
:
TUGASKU SEHARI-HARI
SUB
TEMA : TUGASKU SEHARI-HARI DI
RUMAH
PEMBELAJARAN : I
DISUSUN OLEH :
NAMA :
NO PESERTA :
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESI GURU
(PLPG)
TAHUN 2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MI 25/E.3 AMBAI BAWAH
KELAS/SEMESTER :
II/I
TEMA : TUGASKU SEHARI-HARI
SUB TEMA :
TUGASKU SEHARI-HARI DI RUMAH
PEMBELAJARAN : 1 (SATU)
ALOKASI WAKTU :
IX PERTEMUAN (15 MENIT)
A. KOMPETENSI INTI : (K1)
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab satuan, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahaun faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca dan
menanya di rumah dan disekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR ( KD)
PPKN
Memahami
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
SPDP
Memahami
gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
C. INDIKATOR
PPKN
Menyebutkan
beberapa aturan yang berlaku
Dalam
kehidupan sehari-hari di SBDP
-
Menirukan gerakan bermain melalui
gerakan kepala tangan, kaki dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung
atau melalui media
D. MATERI
PEMBELAJARAN
-
Gambar tugasku di pagi hari
- Gambar
menggerakkan badan setelah bangun tidur
- Gambar
sarapan pagi
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Inti
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa
berdo’a
3.
Guru mengabsenkan siswa
4.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar siswa
semangat
5.
Guru menjelaskan materi denagn menggunakan peta
konsep dengan gambar semua bisa jadi guru
|
2 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Dengan mengamati teks bacaan “tugasku di pagi hari
“siswa dapat menyebutkan kegiatan pada pagi hari dengan percaya
2.
Dengan memperhatikan gamabr siswa dapat mengindentifikasi
berbagai bentuk gerakan dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat
3.
Dengan mengamati gambar berbagai gerakan siswa dapat menirukan gerakan bermain
melalui gerakan kepala dengan percaya diri
4.
Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan
siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan
5.
Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari
siswa dapat berperolaku yang sesuai dengan aturan berlaku sehari-hari
|
10 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menyanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari
2.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari dengan
arahan guru, siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
serta memberi tugas dan kegiatan sebagai bagian remedial dan pengayaan
|
3
menit
|
F. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
2
3
4
dst
|
Dayu
Siti
Udin
Lani
.....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Keterampilan
-
Membuat pertanyaan dari gambar yang
diamati
-
Penilaian : observasi (pengamatan)
-
Lembaran pengamatan kegiatan bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum
Melihat
|
1
|
Menggunakan kata
tanya yang sesuai
|
|
|
2
|
Menggunakan tanda
tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3
|
Kesesuaian pertanyaan
dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kaya
tanya yang bervariasi
|
|
|
Hasil
lembar pengamatan bertanya
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
I
|
Kriteria
2
|
Kriteria
3
|
Kriteria
4
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1
2
3
4
dst
|
Dayu
Siti
Udin
Lani
.....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
G. Media, Alat dan Sumber Pelajaran
-
Buku siswa kelas II Tema : III (tiga)
tugasku sehari-hari
Buku Tematik Terpadu kurikulum 2013
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014
- Buku Guru Kelas II
Kementerian Pendidikdan dan Kebudayaan Ri, 2014
Referensi
buku
1. Hal-hal
apa saja yang perlu menjadi perhatian bapak, ibu selama pembelajaran !
.............................................................................................
2. Siswa
mana saja yang perlu mendapat perhatian khusus ?
.............................................................................................
3. Hal-hal
apa saja yang menjadi cacatan kebersihasn pembelajaran yang telah Bapak/Ibu
lakukan ?
Kegiatan Remedial
1. Jika
siswa masih kesulitan untuk mengamati dan melakukan gerakan, maka guru dapat
memberikan latihan gerakan terbimbing
dan penugasan latihan berkelompok
di rumah
2. Jika
siswa masih kesulitan untuk menulis teks buku harian yang lebih intensif
3. Jika
siswa masih kesulitan untuk mengetahui dan memahami kegiatan sehari-hari yang
menghubungkan dengan satuan waktu
Kegiatan Pengayaan :
1. Jika
siswa dapat melakukan berbagai gerakan dengan baik, maka guru dapat memberikan
penugasan untuk melakukan gerakan yang lebih intensif
2. Jika
siswa dapat menulis buku harian dengan baik, maka guru dapat memberikan
penugasan untuk membuat teks buku harian
yang lebih intensif dalam bentuk tegak bersambung
Jambi,
14 September 2015
Kepala Sekolah Guru Kelas II
______________ ________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KELAS :
I ( SATU)
SEMESTER
: 1 (SATU )
TEMA
:
KELUARGAKU
SUB
TEMA : AKU DAN ANGGOTA
KELUARGAKU
PEMBELAJARAN : I DAN
2
DISUSUN OLEH :
NAMA :
NO PESERTA :
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESI GURU
(PLPG)
TAHUN 2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : MI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR
KELAS/SEMESTER : I/I
TEMA : KELUARGAKU
SUB TEMA : AKU
DAN ANGGOTA KELUARGAKU
PEMBELAJARAN : 1 DAN 2
ALOKASI WAKTU :
I X 15 MENIT
A. KOMPETENSI INTI : (K1)
K1
1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
K1
2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
perduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga teman guru
KI
3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar,
melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya dirumah
dan disekolah
KI
4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR ( KD)
Bahasa
Indonesia
2.3 Memiliki perilaku santuan dan sikap kasih
sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Matematika
3.1 Mengenai bilangan asli sampai 99 dengan
enda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah atau tempat ibadah
SBDP
4.2 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu
C. INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
1.
Siswa menceritakan silsilah keluarga
2.
Siswa menyebutkan kegiatan atau
pekerjaan orangtua
MTK
1.
Siswa menyebutkan jumlah anggota
keluarga
SBDP
1.
Siswa menyanyikan lagu anak-anak
D. MATERI
PEMBELAJARAN
- Anggota
Keluarga
- Kegiatan
sehari-hari keluarga
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
Inti
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru
mengucapkan salam, dan mengajak semua berdo’a
-
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi
lembar kehadiran
-
Guru
menginformasikan kepada siswa tema yang akan dibelajarkan yaitu : tema 4
“keluargaku” dengan sub tema Aku dan anggota keluargaku”
|
2
menit
|
Kegiatan
Inti
|
-
Guru
memberikan pengantar pembelajaran dengan mengingatkan kembali mengenai
anggota keluarga
-
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar
-
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa tentang silsilah keluaarga dan pekerjaan
orangtua
-
Guru
menugaskan kepada siswa untuk menempel
gambar/ foto dikarton yang ada didepan sesuai dengan urutan keluarga
|
10
menit
|
Penutup
|
-
Guru
dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar
-
Guru
dan siswa bertanya jawab tentang materi yang telah diajarkan
-
Bersama-sama
menyanyikan lagu “kasih ibu” dan “aku sayang ibu”
-
Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah
-
Guru
memberi salam
|
3 menit
|
F. PENILAIAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
sikap : Percaya diri, disiplin bekerja sama
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian
keterampilan : Untuk kerja
a.
Lembar penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Bekerja
sama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
2
3
4
dst
|
Leni
Rizka
Maryana
Nurjannah
.....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai terlihat
MB : Mulai berkembang
SM :Sudah membudaya
b. Penilaian
Pengetahuan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jlh
|
Nilai
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
1
2
3
4
dst
|
Leni
Rizka
Maryana
Nurjannah
.....
|
|
|
|
|
|
|
0
|
|
|
|
No
|
Kriteria
Penilaian
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
dapat menghitung jumlah keluarga
|
|
|
2
|
Siswa
dapat menyebutkan pekerjaan orangtua
|
|
|
3
|
Siswa
dapat menyebutkan ibu dan Ayah
|
|
|
Soal :
1.
Ada berapa jumlah keluargamu ?
2.
Siapa nama ibu dan ayahmu ?
3.
Apa pekerjaan ayahmu ?
Jawaban :
1.
Sesuai pendapat siswa
2.
Sesuai pendapat siswa
3.
Sesuai pendapat siswa
c.
Penilaian keterampilan : Unjuk Kerja
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bantuan
|
1
|
Keterampulan
menempel photo
|
Foto
yang ditempel sangat rapi tidak miringi dan tidak ada bekas
|
Foto
yang ditempel rapi tidak miring ada bekas lem
|
Foti
yang ditempel miring dan tidak ada belas lem
|
Foto
yang ditempel miring dan ada bekas lem
|
G. REMEDIAL
Guru menyeuruh
siswa untuk menyiapkan foto keluarga
yang dibawa dari rumah
PENGAYAAN :
Guru
meminta dan membimbing siswa untuk menghias foto keluarga yang telah mereka tempel
MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
Media
: Karton
Alat/Bahan : Contoh photo-photo keluarga
Sumber
belajar : Buku siswa dan guru tematik
terpadu kurikulum 2013
Penulis
: Tim Masmedia Buana
Pustaka
Jambi,
14 September 2015
Kepala Sekolah Guru Kelas II
______________ ________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar